Pemerintah Jamin Keamanan Suplai Batubara dan LNG

| Selasa, 04/01/2022 11:27 WIB
Pemerintah Jamin Keamanan Suplai Batubara dan LNG Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir menjamin supplay batubara dan LNG dalam kondisi aman. Dia mengatakan saat ini seluruh K/L terkait tengah mengamankan sumbar energi pembangkit listrik ini.

"Para Menteri yang terkait suplai batubara dan LNG untuk mendukung pasokan listrik nasional langsung membagi tugas. Kami di Kementerian BUMN akan memperbaiki kontrak jangka panjang kebutuhan suplai sesuai dengan rapat bersama Kejaksaan Agung dan BPKP. Intinya, kebutuhan energi dalam negeri akan jauh lebih diprioritaskan demi kelancaran pembangunan," jelas Erick Thohir di Jakarta, Selasa 4 Januari 2021.

Menurut Kementerian ESDM, target produksi batubara di 2022 akan lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Proyeksi target produksi 2022 berada di kisaran 637 juta hingga 664 juta ton, sedangkan target produksi batubara 2021 mencapai 625 juta ton.

Sementara itu, kebutuhan batubara dalam negeri diprediksi juga meningkat di tahun 2022 dengan 190 juta ton. Angka tersebut meningkat dibandingkan kuota DMO (domestic market obligation) tahun ini yang mencapai 137,5 juta ton.

Namun sayangnya, penyerapan batubara dalam negeri hingga awal Desember baru menyentuh 121,3 juta ton atau sekitar 88,2 persen dari target DMO.

Tags : Batubara , LNG