Pemerintah Siap Distribusikan 1,2 Miliar Liter Minyak Goreng

| Rabu, 12/01/2022 20:21 WIB
Pemerintah Siap Distribusikan 1,2 Miliar Liter Minyak Goreng Ilustrasi minyak goreng kemasan. (Doc: Detik)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menyalurkan minyak goreng kemasan untuk menjaga stabilitas harga minyak goreng. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjamin pendistribusian 1,2 miliar liter minyak goreng kemasan sederhana akan mulai dilakukan pekan ini.

"Kami akan mulai minggu ini, pasti minggu ini," ujarnya dilansir dari antaranews, Rabu, 12 Januari 2022.

Dijelaskannya, berbagai indikator penyebab kenaikan harga minyak goreng di pasar, salah satunya akibat lonjakan harga sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) yang memproduksi kelapa sawit terbesar di dunia.

Sepanjang tahun 2021 nilai ekspor minyak sawit mencapai 27 miliar dolar AS tertinggi dalam sejarah Indonesia dengan harga per ton mencapai 1.320 dolar AS, sehingga berimbas kepada harga minyak goreng. "Kami sedang mengintervensi supaya minyak goreng ini tetap ada dan terjangkau. Tujuan kami barang ada dan terjangkau pada harga Rp14.000 per liter," terang Lutfi.

Pendistribusian 1,2 miliar liter minyak goreng ini, tutur Mendag, baru untuk enam bulan pertama tahun 2022. Selanjutnya, kebijakan ini dapat diperpanjang kembali selama enam bulan apabila harga minyak goreng di pasar masih tetap tinggi.

"1,2 miliar liter ini untuk enam bulan, jadi kami memprediksi harga akan jauh lebih landai dan stabil setelah enam bulan. Kalau ternyata harga tidak stabil dan tidak landai, kami akan teruskan lagi enam bulan kedua, sehingga totalnya menjadi 2,4 miliar liter," pungkasnya.

Tags : Kemendag RI , Minyak Goreng , Sawit , Indonesia

Berita Terkait