Pamekasan Siapkan Rp4 Miliar untuk Topang Pengusaha UMKM

| Kamis, 20/01/2022 12:38 WIB
Pamekasan Siapkan Rp4 Miliar untuk Topang Pengusaha UMKM Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyediakan anggaran Rp 4 miliar untuk dipinjamkan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada tahun 2022.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengarakan bahwa kebijakan ini termasuk dalam program wirausaha baru (WUB). Targetna adlah 10 ribu pengusaha baru mampu tercipta serta untuk menfasilitasi pemasaran produk.

"Dalam usaha mikro, kita memberikan modal nol persen, hanya satu persen untuk administrasi saja dalam setahun dengan jaminan hanya 30 persen. Sungguh ini tidak bankable, tetapi kita melakukan ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM," kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Rabu 19 Januari 2022.

Tamam menambahkan, pihaknya akan senantiasa mendorong masyarakat untuk berwirausaha agar ekonomi tumbuh. Apalagi, pemkab telah menyediakan program pelatihan, pinjaman modal hingga pemasarannya secara gratis.

"Alhamdulillah tahun ini Rp 4 miliar kita anggarkan, dan kita akan pinjamkan kepada seluruh UMKM," tandasnya.

Terbaru, pelaksanaan vaksinasi berhadiah yang dilaksanakan serentak di 13 kecamatan mulai tanggal 17 januari hingga 10 maret 2022 mendatang seluruh konsumsi yang dibeli selama kegiatannya adalah produk UMKM. Bahkan, bingkisan kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi merupakan produk UMKM. Seperti kripik tempe, potoh, serta produk UMKM lain sesuai kearifan lokalnya.

"Tujuan akhirnya ekonomi tumbuh, UMKM bangkit, dan vaksinasi tercapai. Kemudian, seluruh menu makanan di Pemkab Pamekasan harus beli produk UMKM. Termasuk juga ASN di hari tertentu wajib pakai batik Pamekasan, dan sepatu batik," pungkasnya

Tags : Pamekasan , KREDIT UMKM

Berita Terkait