Kaum Milenial Diimbau Kembangkan Startup EBT

| Kamis, 20/01/2022 14:30 WIB
Kaum Milenial Diimbau Kembangkan Startup EBT Sektor Energi Baru Terbarukan (Foto: Katadata)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengajak generasi milenial untk mengembangkan perusahaan rintisan (startup) energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

"Kami melihat potensinya sangat besar. Saya kira ini saatnya mengembangkan bisnis startup," kata Hal Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana pada acara [RE]Spark Indonesia 2022: Accelerating Transition, Igniting Innovation di Jakarta, Rabu 19 Desember 2022.

Selain potensi EBT yang menjanjikan, bisnis startup bisa dimulai dengan melirik pengembangan EBT dengan skala kecil. "Ke depan hal ini akan menguat dan mendorong pemanfaatan energi bersih akan semakin baik," Dadan menambahkan.

Salah satu startup yang tengah didorong pemerintah adalah biogas. Kementerian ESDM bersama stakeholder terkait telah berhasil membangun sekitar 35.000 unit biogas rumah tangga.

"Sangat membantu para petani, selain memastikan peternakan sapinya lebih baik, meningkatkan pendapatan dan keberlanjutan pengusahaan," tegas Dadan.

Selain biogas, startup yang punya potensi di masa depan adalah PLTS, smart grid dan kendaraan listrik. "Kita sudah berhasil 100 unit konversi motor BBM menjadi motor listrik. Ini bisa jadi contoh," jelas Dadan.

Menurut Dadan, keberadaan startup diharapkan mampu menciptakan ekosistem bisnis EBT sehingga bisa menggerakkan roda perkonomian nasional di masa mendatang.

"Peluang ini demikian besar dan ini saatnya. Seberapa kuat dari kita mendorong hal ini. Secara politik dan pendanaan sudah di-support," ungkap Dadan.

Tags : EBT , Milenial

Berita Terkait