Pandemi Covid-19, IMF: Indonesia Berhasil Pulihkan Ekonomi dengan Cepat

| Rabu, 26/01/2022 17:37 WIB
Pandemi Covid-19, IMF: Indonesia Berhasil Pulihkan Ekonomi dengan Cepat Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Dana Moneter Internasional (IMF) mengapresiasi keberhasilan Indonesia dalam menangani Pandemi Covid-19. Menurut laporan sementara (Concluding Statement) misi IMF, Indonesia berhasil memulihkan ekonomi dengan cepat.

“IMF mengapresiasi keberhasilan pengendalian Covid-19 di Indonesia yang membawa Indonesia ke pemulihan ekonomi yang cepat,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan RI, Febrio Kacaribu dalam pers rilisnya, Rabu 26 Januari 2022.

Menurut Febrio, pemulihan ekonomi Indonesia lebih cepat tersebut menjadi dasar IMF menilai konsolidasi fiskal menuju defisit APBN paling tinggi 3% PDB di Tahun 2023 sebagai langkah yang tepat.

“IMF memandang kebijakan ini membawa Indonesia semakin kredibel di mata pelaku pasar,” katanya.

Febrio menuturkan, ffektivitas kebijakan Pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi berhasil mendorong menguatnya aktivitas perekonomian, ”Pendapatan negara meningkat sangat tinggi, terutama disumbang oleh meningkatnya kinerja penerimaan perpajakan yang berhasil melampaui target tahun 2021,” ungkapnya.

“Defisit APBN dapat ditekan hingga 4,65% PDB, jauh lebih rendah dibandingkan target awal sebesar 5,7% PDB. Keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi juga diiringi dengan utang yang terjaga dalam tingkat yang aman dan terkelola dengan baik, dengan tren yang diupayakan terus menurun dalam jangka menengah seiring langkah konsolidasi fiskal,” tambahnya.

Tags : Pemulihan Ekonomi Nasional , IMF , Kemenkeu

Berita Terkait