Sidak ke Pasar Tambahrejo Surabaya, Mendag: Minyak Goreng Curah Rp10.500 per Liter

| Jum'at, 18/02/2022 22:55 WIB
Sidak ke Pasar Tambahrejo Surabaya, Mendag: Minyak Goreng Curah Rp10.500 per Liter Minyak Goreng Curah. (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengecek stok minyak goreng di Pasar Tambahrejo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 18 Februari 2022. Mendag Lutfi memastikan minyak goreng curah dengan harga Rp10.500 per liter di Pasar Tambahrejo.

"Para pedagang mendapatkan harga Rp10.500 per liter. Mereka sepakat untuk menjualnya tidak lebih dari Rp11.500 per liter, sebagaimana telah ditetapkan pemerintah," kata Mendag Lutfi.

Disampaikannya, minyak goreng curah didatangkan dengan dua mobil tangki berisi lima ton minyak curah dari produsen secara langsung. Mendag Lutfi mengakui, harga minyak curah di Surabaya saat ini masih cukup tinggi berkisar Rp15.000 hingga Rp17.000 per liter.

"Padahal stok minyak curah tidak langka. Bahkan terbilang cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun yang dialami pedagang selama lebih dari sebulan terakhir justru merasakan kelangkaan minyak curah," terangnya.

Lutfi menduga, tingginya harga minyak curah disebabkan ada oknum yang menimbun dan berdasarkan hasil inspeksi mendadak, penimbun beralasan karena harganya di pasaran masih belum pasti.

"Untuk itulah saya turun langsung ke pasar tradisional dan ritel. Selain itu mendatangi produsen maupun disrtibutor minyak curah untuk memastikan bahwa barangnya ada dan menjamin harganya terjangkau," tutur Lutfi seperti dikutip dari okezone.com.

Pemerintah, ujar Lutfi, akan terus mengupayakan minyak curah murah di sejumlah pasar Surabaya dan di kota lain, agar harga bisa turun dan sesuai dengan ketetapan pemerintah. "Saya telah memerintahkan Tim Kemendag untuk terus melanjutkan pengawasan dan pemantauan lapangan selama 24 jam di seluruh Provinsi agar tidak ada lagi kendala dan hambatan distribusi minyak goreng yang ditemui di lapangan, dan pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau dapat tersedia untuk masyarakat," tegasnya.

Tags : Menteri Perdagangan , Minyak Goreng , Surabaya

Berita Terkait