Kemenkop Komitmen Perkuat Industri Sarung

| Selasa, 15/03/2022 08:01 WIB
Kemenkop Komitmen Perkuat Industri Sarung Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah berharap agar produk unggulan daerah Bandung, yaitu Sarung Majalaya, bisa memperkuat eksistensinya di era digital.

Asisten Deputi (Asdep) Pembiayaan dan Investasi UKM Kemenkop UMKM Temmy Satya Permana , mengatakan sarung menjadi salah satu produk kreatif yang memiliki daya tarik untuk dikembangkan karena potensi bangsa Indonesia sebagai produsen dan konsumen.

"Tentunya dengan kualitas yang baik, artinya nyaman dipakai dan memiliki banyak corak. Sama seperti batik, diharapkan sarung bisa terus mendunia," ujar Temmy dalam acara Festival Sarung Majalaya, di Majalaya, Bandung, belum lama ini.

Diketahui festival tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi Prov Jabar Kusmana Hartadji, Direktur Ekonomi Syariah Ikopin University Wawan Lalu Setiawan, dan berbagai komunitas maupun pegiat UMKM seperti HIPMI, Republik Bikers Indonesia, serta komunitas-komunitas textil serta seni dan tradisi lainnya. 

Saat ini KemenKopUKM juga sambungnya, mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi dengan Dinas UMKM di kabupaten/kota maupun provinsi. Menurutnya, kolaborasi menjadi faktor pendukung yang juga sangat penting. Selain itu juga dilakukan pendekatan industri tekstil sarung ini melalui sistem klaster. 

Temmy menegaskan, suatu produk bisa sustain jika dicintai penduduk aslinya.

"Sejauh mana masyarakat Majalaya sendiri mencintai sarung. Jangan bermimpi kalau Sarung Majalaya bisa dicinta masyarat luas bahkan dunia, kalau masyarakat sendiri tidak memakai dan mencintainya," imbuhnya. 

Tak hanya itu, konsep agregasi dan standarisasi mutu untuk selalu ditingkatkan. "Sehingga orang yang datang ke Majalaya sudah memiliki kualitas yang sama. Ke depan akan tercipta sarung Majalaya yang tercertified," tandas Temmy. 

Tags : sarung , umkm

Berita Terkait