Jerry Sambuaga: Digitalisasi Bantu Dunia Usaha Bangkit dari Pandemi Covid-19

| Selasa, 15/03/2022 21:25 WIB
Jerry Sambuaga: Digitalisasi Bantu Dunia Usaha Bangkit dari Pandemi Covid-19 Wamendag Jerry Sambuaga (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan, Pandemi Covid-19 mempercepat akselerasi digital pada sektor perdagangan hingga menggeser konsumsi masyarakat.

“Digitalisasi telah membantu dunia usaha melewati pandemi. Berbagai sektor yang memanfaatkan teknologi digital bertumbuh pesat,” kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulisnya, Selasa 15 Maret 2022.

Menurut Jerry, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yang menjadi kewenangannya. Hal ini memerlukan dukungan yang lebih luas melalui percepatan pembangunan prasyarat ekonomi digital di Indonesia.

“Dibutuhkan investasi untuk membangun kapasitas sumber daya manusia digital, perluasan jangkauan infrastruktur digital, dan penciptaan ekosistem pendorong inovasi digital," tambahnya.

Jerry mengungkapkan, berdasarkan temuan riset dari Google dan Bain (2021) menyebutkan, nilai ekonomi digital Indonesia akan mampu tumbuh 5-7 kali lipat pada 2030 dibandingkan pada 2021.

“Pertumbuhan ekonomi digital ini didorong pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang pada 2020 berjumlah 135 juta orang, menjadi 252 juta orang pada 2030. Jumlah yang setara dengan 86 persen dari populasi penduduk Indonesia,” ungkapnya.

Bahkan, kata Jerry, dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang merupakan penyumbang ekonomi terbesar juga diprediksi meningkat adopsi digitalnya.

“Pada 2030, 41 persen dari total UMKM diperkirakan akan terdigitalisasi, dibandingkan pada 2020 yang baru mencapai 17 persen,” ungkpanya.

 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas