Mendag Lutfi Sebut Pemerintah Subsidi Minyak Curah Seharga Rp14.000 per Liter

| Kamis, 17/03/2022 17:04 WIB
Mendag Lutfi Sebut Pemerintah Subsidi Minyak Curah Seharga Rp14.000 per Liter Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan subsidi minyak goreng curah dengan harga Rp14.000 per liter. Aturannya, kata Lutfi, akan diselesaikan secepatnya agar subsidi minyak goreng curah dapat disalurkan ke masyarakat.

"Sekarang sedang dibereskan aturan-aturannya, hari ini akan semua selesai," ujar Mendag Lutfi dilansir dari antaranews, Kamis, 17 Maret 2022.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian Perdagangan akan memberikan kesempatan pada Kementerian Perindustrian yang akan menjamin minyak goreng curah tersalurkan ke pabrik, kemudian pabrik memastikan distribusi hingga ke pasar. “Jadi ini targetnya yang akan kami kerjakan pada kesempatan pertama, mudah-mudahan akan menyelesaikan (persoalan) minyak goreng yang kita hadapi bersama-sama,” tukasnya.

Menurut Mendag, adanya kenaikan harga minyak disebabkan pengaruh invasi Rusia terhadap Ukraina karena kedua negara tersebut penghasil minyak bunga matahari (sunflower). Karena minyak bunga matahari harus disubstitusi oleh minyak crude palm oil (CPO), menyebabkan harga internasional minyak CPO meningkat dari Rp14.600 pada awal Februari 2022 menjadi Rp18 ribu hingga saat ini.

“Kemarin sudah turun sedikit, tetapi pada dasarnya naik karena mekanisme pasar,” ucapnya.

Ia memastikan pemerintah dan kepolisian akan membasmi mafia yang mengambil keuntungan dalam menjual minyak secara menyimpang. “Kita akan basmi mafia-mafia yang berbuat curang karena itu (minyak) adalah milik masyarakat dan itu bentuk kehadiran pemerintah untuk rakyat. Bukan hanya pemerintah, tapi juga masyarakat dan polisi harus melawan, kita menjadikan ini gerakan untuk Indonesia, buat Indonesia,” tandasnya.

Tags : Kemendag RI , Minyak Goreng , Subsidi , CPO

Berita Terkait