Pasar Tradisional Perlu Libatkan Teknologi Digital

| Kamis, 24/03/2022 15:26 WIB
Pasar Tradisional Perlu Libatkan Teknologi Digital UMKM di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perlunya pemanfaat teknologi digital dalam pasar tradisional.

Teknologi ini dapat memberi kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan serta lebih mudah beradaptasi dengan ekosistem digital.

“Pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional merupakan tuntutan zaman agar pasar tradisional dapat bersaing, dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan baik bagi pedagang maupun pembeli, serta membantu pedagang menjangkau konsumen baru yang lebih luas,” ujar Menko saat meninjau Implementasi Program Digitalisasi Ekosistem Pasar Tradisional Bersama Grab Indonesia, Kamis 24 Maret 2022.

Kebutuhan dan urgensi pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional juga diperlukan dalam transaksi jual beli lainnya seperti pemanfaatan e-wallet dan e-payment, serta manajemen pengelolaan pasar seperti pengelolaan sewa, retribusi parkir, dan sebagainya.

“UMKM adalah pahlawan-pahlawan Indonesia dan tulang punggung perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada Grab yang turut berperan sebagai fasilitator dan agregator bagi para pedagang Pasar Tomang Barat, dan juga BNI yang sudah menyalurkan KUR untuk mendukung kebutuhan ekspansi usaha pedagang, baik berupa kredit modal kerja ataupun investasi,” ucap Menko Airlangga.

Tags : Teknologi Digital , Pasar Tradisional

Berita Terkait