Presiden Jokowi Ungkap Alasan Harga Pertamax Naik

| Rabu, 06/04/2022 17:06 WIB
Presiden Jokowi Ungkap Alasan Harga Pertamax Naik Pertamax. (Foto: kumparan)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan, gejolak ekonomi global telah berdampak pada aspek moneter dan fiskal negara sehingga perlu menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pertamax pada 1 April 2022 menjadi Rp12.500 per liter.

"Saya kira situasinya memang tidak memungkinkan, enggak mungkin kita tak menaikkan yang namanya BBM, enggak mungkin. Oleh sebab itu, kemarin naik (harga) pertamax," ujar Jokowi dilansir dari antaranews, Rabu, 6 April 2022.

Presiden Jokowi menyampaikan, situasi ekonomi global saat ini merupakan situasi yang tidak mudah. Gejolak ekonomi global telah memicu inflasi hampir di seluruh negara.

Kenaikan inflasi global tersebut, kata Presiden, mulai dirasakan oleh masyarakat. Ia mencontohkan inflasi global juga melanda negara ekonomi terbesar dunia, Amerika Serikat, dengan indeks harga konsumen yang mencapai 7,9 persen dari tren semula di bawah 1 persen.

"Di Uni Eropa (UE) juga sudah masuk ke (inflasi) 7,5 persen yang biasanya kira-kira hanya di angka 1 persen, Turki di angka 54 persen," tuturnya.

Dampak dari kenaikan inflasi global tersebut juga melanda Indonesia. Presiden mengatakan bahwa Pemerintah sudah berupaya agar tidak ada kenaikan harga, tetapi situasinya memang tidak memungkinkan.

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju dan kepala lembaga non-kementerian terkait untuk terus mengkalkulasi agar harga gas dan harga pangan tidak memberatkan masyarakat.

Tags : Pertamax , Jokowi , Global , Indonesia , BBM

Berita Terkait