Pengangguran Turun, Kemenkeu Sebut Hasil dari Kebijakan on track

| Rabu, 18/05/2022 08:03 WIB
Pengangguran Turun, Kemenkeu Sebut Hasil dari Kebijakan on track Kawasan Kumuh di Ibu Kota Indonesia (Foto: marketeerscom)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah menyatakan jika angka pengangguran di tahun 2022 mengalami penurunan. Sejauh data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), per Februari angka pengangguran turun menjadi 8,4 juta orang.  

Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan estimasi angka pengangguran yang turun adalah sebesar 350 ribu orang atau dari 6,26 persen di Februari 2021 menjadi 5,83 persen di Februari 2022.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menanggapi bahwa tingkat penurunan pengangguran merupakan hasil dari kebijakan pemerintah yang tepat.

 “Di tahun 2021 pengangguran sudah menurun, kemudian 2022 kembali menurun lagi. Ini menunjukan bahwa arah kebijakan kita sudah on the right track,” kata Febrio dalam keterangannya, Rabu 17 Mei 2022.

Febrio mengungkapkan selain semakin kuat, pertumbuhan ekonomi juga harus tetap berkualitas. Ini tercermin dari tingkat pengangguran yang menurun diimbangi dengan tingkat kemiskinan yang juga terus menurun, bahkan hingga ke tingkat ketimpangan yang terus membaik.

 Harapannya, Pemerintah dapat merancang kebijakan-kebijakan untuk menghadapi tantangan yang berbeda. 

“2022 kita tetap optimis walaupun kita dihadapkan pada challenge yang berbeda dalam jangka menengah,” ungkapnya.

Pada tahun 2022 hingga 2026, reformasi akan terus dilakukan dari sisi struktural, terutama dalam kemudahan berusaha, juga dengan menaikkan daya saing hilirisasi dan mendorong industrialisasi lebih kuat lagi. Selain itu, reform juga akan dilakukan dari sektor ekonomi digital, ekonomi hijau, serta sektor keuangan.

“Dengan begitu, diharapkan produktivitas akan meningkat sehingga skenario pertumbuhan ekonomi dalam jangka menengah ini menjadi cukup menjanjikan bagi perekonomian,” kata Febrio.

 

 

Tags : pengangguran , kemenkeu

Berita Terkait