Banjir Suplai, Harga Bawang Merah Diperkirakan Tetap Rendah

| Kamis, 19/05/2022 09:20 WIB
Banjir Suplai, Harga Bawang Merah Diperkirakan Tetap Rendah Bawang Merah. (Foto: beritasatucom)

RADARBANGSA.COM - Sekjen Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Ikhwan Arif mempekirakan harga bawang merah tetap turun dalam waktu dekat ini. Hal itu dikarenakan pasokan yang mencukupi dan permintaan yang sifatnya stagnan.

“Kami sudah banyak panen. Harga nantinya bisa di kisaran Rp 20 – 25 ribu pada Idul Adha nantinya. Hal ini karena supply banyak, sementara demand nya menurun,” kata Ikhwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis 19 Mei 2022.

Dia pun mengatakan bahwa stok Bawang Merah nasional akan tercukupi dikarenakan panen terus ada.

Tercatat unuk Idul Adha ini dari pertanaman Mei, ada luasan 3.402 ha yang akan dipanen pada Juli nanti. Total produksi nantinya 15.208 ton yang meliputi dari panen Brebes saja.

Sementara jika nantinya kebutuhan pada Idul Adha sebesar 400 ha atau 4000 ton, artinya sangat aman jika hanya mengandalkan dari Brebes.

Sementara itu terkait wacana membeli benih dari negara tetangga, Ikhwan mengatakan isu ini guna meredam efek psikologis petani terhadap harga benih yang sempat melonjak tahun lalu.

“Jadi ini antisipasi untuk kebutuhan tanam saja. Itu pun tidak banyak, hanya 200 ton untuk seluruh wilayah. Jadi memang ABMI yang beli dan tidak dijual ke luar. Kami juga berkomitmen untuk menyanggupi kebutuhan Idul Fitri 2023 nantinya. Tidak hanya di Brebes, tapi juga kebutuhan nasional,” terang Ikhwan.

Tags : Bawang Merah , ABMI