Tekan Impor, Presiden Jokowi Ajak Pengusaha HIPMI Manfaatkan Peluang Sektor Pangan

| Senin, 13/06/2022 19:56 WIB
Tekan Impor, Presiden Jokowi Ajak Pengusaha HIPMI Manfaatkan Peluang Sektor Pangan Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk memanfaatkan peluang di bidang pangan. Hal itu karena adanya kenaikan harga pangan dan energi yang menjadi masalah besar yang tengah dihadapi dunia akibat ketidakpastian andemi dan juga perang di Ukraina.

“Inilah yang perlu saya ingatkan, yang berkaitan dengan pangan itu hati-hati ke depan. Tetapi juga menjadi peluang bagi para pengusaha, utamanya anggota HIPMI untuk masuk ke bidang-bidang ini. Pangan, energi, ini adalah peluang. Karena diperkirakan hari ini ada kira-kira 13 juta orang yang sudah mulai kelaparan di beberapa negara, karena urusan pangan,” ujarnya dilansir dari laman resmi Setkab RI, Senin, 13 Juni 2022.

Diterangkannya, sejumlah negara sudah mulai membatasi ekspor pangan sehingga kemandirian pangan menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia. “Dari tiga negara yang sudah setop ekspor pangan, sekarang sudah menjadi 22 negara. Sehingga, sekali lagi, kemandirian pangan ini sangat penting,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Kepala Negara mengajak para pengusaha HIMPI dapat berkecimpung dalam usaha komoditas pangan seperti jagung, sorgum, sagu, singkong, hingga porang. “Ke depan, saya pastikan karena ada problem besar yang lebih besar lagi, yaitu perubahan iklim, pangan akan menjadi persoalan seluruh negara,” tukasnya.

Tags : HIPMI , Pangan , Energi , Ekspor , Impor , Jokowi

Berita Terkait