UMKM Harus Pahami Selera Pasar untuk Gaet Konsumen Milenial

| Jum'at, 01/07/2022 11:11 WIB
UMKM Harus Pahami Selera Pasar untuk Gaet Konsumen Milenial Produk UMKM (foto: parekraf)

RADARBANGSA.COM - Seiring dengan berkembangnya zaman, pelaku usaha diharapkan berfokus pada inovasi produk makanan dan minuman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ada dua kunci untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen milenial.

“(Harus) berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru dan memahami keinginan atau selera pasar,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Jumat 1 Juli 2022. 

Dia menjelaskan, dalam beberapa waktu ke belakang telah terjadi perubahan minat perilaku konsumen yang menginginkan produk-produk UMKM ekonomi kreatif yang selaras dengan selera pasar atau dengan kata lain semakin kekinian.  

“Saya melihat ada perubahan preferensi dari pasar, terutama generasi milenial hingga generasi Z dan setelah generasi Z, yang menginginkan minuman-minuman dengan inovasi terbaru. Untuk itu saya ingin memberi inspirasi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Batu dan Malang Raya ini untuk mengikuti selera pasar,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, ada dua merek UMKM atau produk ekonomi kreatif minuman kekinian yang sudah berhasil menjual jutaan gelas ke masyarakat dengan mengembangkan produk-produknya. Yaitu produk minuman dari "Haus!" dan "Glek". 

“Ini adalah bagian dari inovasi kita dan belajar dari pengalaman dua usaha yang menjadi mitra kita yaitu `Haus` dan `Glek` yang sekarang sudah jutaan cup terjual oleh masyarakat,” katanya. 

 

Tags : UMKM , Pelaku Pasar