Stok Hewan Kurban Tahun Ini Capai 1,8 Juta Ekor

| Kamis, 07/07/2022 08:53 WIB
Stok Hewan Kurban Tahun Ini Capai 1,8 Juta Ekor Peternakan Sapi Potong (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Stok hewan kurban tahun ini diperkirakan mencapai 1,8 juta atau meningkat 11-13 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan pihaknya sedanf mengamankan keseleruhan stok tersebut.

"Insyaallah bisa kita penuhi dari sentra ternak yang ada di zona hijau," ujar Kuntoro, dalam keterangan resminya, Kamis 7 Juli 2022.

Sementara itu, kondisi ternak yang ada di zona merah harus dilakukan lock down dan pengawasan ketat baik dari Kementan, satgas PMK termasuk Polri dan Pemda.

"Penangganan PMK oleh Pemerintah saat ini sudah masuk fase vaksinasi dan kita berharap PMK bisa kita segera atasi. Kita ingin sampaikan, Insyaallah Idul Qurban tahun bisa kita lalui dengan baik," katanya.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veterinar, Dirjen PKH Kementan, Syamsul Ma`rif mengatakan bahwa setiap penyembelihan harus memperhatikan intruksi dan arahan dari petugas kesehatan hewan. Termasuk pada saat daging kurban akan dibagikan.

"Jadi nanti yang menentukan hewan itu layak atau tidak ada dokter hewan. Dan yang penting kalau kita temukan si hewan sakit berat, saya sarankan agar jangan dipotong dulu. Ini untuk ketentraman batin si hewan," katanya.

Syamsul berharap masyarakat yang mendapat daging kurban agar peka terhadap kebersihan. Misalnya ketika dagang sampai di rumah, sebaiknya disimpan di lemari es sampai 24 jam. Setelah itu dipindahkan ke freezer.

"Atau direbus sekalian dan jangan dicuci dulu. Kemudian begitu mendapatkan daging, plastiknya jangan dibuang sembarangan, kalau bisa rendam dulu pake diterjen atau disinfektan," katanya.

Tags : Hewan Kurban , Stok Sapi , Stok Kambing

Berita Terkait