Pemerintah Bagikan 3.500 Benih Cabai Antisipasi Kenaikan Harga

| Senin, 18/07/2022 14:06 WIB
Pemerintah Bagikan 3.500 Benih Cabai Antisipasi Kenaikan Harga Cabai Rawit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melaluu Kementerian Pertanian membagikan benih cabai dalam polybag ke masyarakat DKI Jakarta. Tercatat sekitar 3.500 benih cabai dalam polybag yang berhasil dibagikan pada Jumat lalu di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur.

 “Harapannya dalam beberapa bulan ke depan, setidaknya menjelang Hari Besar Keagamaan Natal dan tahun baru 2023 sudah dapat dipanen hasilnya,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari dalam sambutannya.

Benih cabai dalam polybag sejumlah 3.500 buah ini merupakan jenis cabai rawit prentul dengan varietas Dewata 43 dan disemai menggunakan media tanam jenis mix dengan komposisi 50% sekam bakar, 30% cocopeat, 10% pupuk kandang, dan 10% tanah subur.

Direktur Perbenihan Hortikultura, Inti Pertiwi Nashwari berharap, masyarakat dapat menanam benih cabai ini di pekarangan rumah, sehingga hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Tahap-tahap selanjutnya sudah ada dalam rencana kami untuk membagikan benih cabai kepada masyarakat. Setidaknya, jika benih ini ditanam dan hidup di pekarangan rumah warga Jakarta, ketika berbuah dapat mengurangi pembelian cabai di luar. Mudah-mudahan dapat membantu mengurangi lonjakan harga cabai,” terang Inti.

 

 

Tags : Harga Cabai , Benih Cabai , Cabai

Berita Terkait