Subsidi Membengkak, Harga BBM Akan Naik

| Senin, 22/08/2022 08:16 WIB
Subsidi Membengkak, Harga BBM Akan Naik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi.

“Pemerintah masih menghitung beberapa skenario penyesuaian subsidi dan kompensasi energi dengan memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat,” kata Luhut dalam keterangan resminya, Senin 22 Agustus 2022.

Luhut sempat mengatakam jika pembengkakan subsidi BBM menjadi salah satu landasan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

“Anggaran subsidi dan kompensasi energi nantinya dapat dialihkan untuk sektor lain yang lebih membutuhkan dan masyarakat yang kurang mampu mendapat program kompensasi,” lanjut Luhut.

Dia pun juga menyebut bahwa saat ini harga BBM di Indonesia relatif lebih murah dibanding mayoritas negara di dunia. Langkah yang disimulasikan termasuk skenario pembatasan volume.

“Pemerintah akan memperhitungkan rencana ini dengan sangat berhati-hati. Perubahan kebijakan subsidi dan kompensasi energi nantinya perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti tingkat inflasi, kondisi fiskal, dan juga pemulihan ekonomi. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk tetap menjaga stabilitas negara di tengah ketidakpastian global,” tandas dia.

Tags : BBM Bersubsidi , BBM , Pertalite

Berita Terkait