Salib Grab, Nilai Pasar Goto Capai Dua Kali Lipatnya

| Jum'at, 26/08/2022 10:16 WIB
Salib Grab, Nilai Pasar Goto Capai Dua Kali Lipatnya Logo GoTo

RADARBANGSACOM - Perusahaan rintisan GoTo tercatat memiliki nilai pasar sekitar USD26 miliar atau dua kali lipat dari Grab.

Grab yang sempat dinobatkan sebagai perusahaan rintisan paling berharga di Asia Tenggara, kini tertatih-tatih di belakang GoTo Group.

Mengutip Bloomberg, kedua perusahaan dijadwalkan akan melaporkan kinerja keuangan kuartalan dalam beberapa hari ini.

Grab dijadwalkan untuk melaporkan laporan keuangan kuartal kedua sebelum pasar AS Jumat ini, sementara GoTo akan merilis pada 30 Agustus.

Grab dan GoTo telah terkunci dalam pertempuran berdarah-darah untuk mendominasi pasar selama beberapa tahun terakhir.

Grab masih menganggap negara kota Singapura sebagai pasar terbesarnya, meskipun mencoba mencoba untuk berekspansi ke beberapa negara termasuk Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Sementara itu GoTo menikmati posisi kepemimpinan di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta orang, yang dapat berbelanja di platform ritel online Tokopedia dan memesan transpostasi atau makanan melalui aplikasi Gojek.

Potensi pertumbuhan Indonesia telah membantu GoTo mengungguli Grab. Harga saham GoTo telah kehilangan sekitar 3% sejak penawaran umum perdana di Jakarta pada April lalu, sementara Grab rontok dari 60% sejak setelah merger dengan Altimeter Growth Corp milik Brad Gerstner dan melantai di bursa saham Singapura pada Desemberlalu.

“Keunggulan GoTo sebagai merek lokal Indonesia dan sinerginya dengan Tokopedia memungkinkan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia itu untuk mempertahankan pangsa pasar pesan-antar makanan dari Grab, pemimpin kategori di Asia Tenggara, dan meningkatkan profitabilitasnya,” kata Nathan Naidu, analis Bloomberg Intelligence, kepada Bloomberg News.

Di Indonesia menurut Momentum Works, Gojek memiliki pijakan yang kuat di pasar Indonesia. Sementara Grab terus berusaha membuat terobosan dalam pengiriman makanan. Grab memiliki 49% di pasar pengiriman makanan Indonesia tahun lalu, sedangkan Gojek menguasai 43%.

Tags : Grab , GoTo , Valuasi

Berita Terkait