Indonesia Diprediksi Surplus Gas 10 Tahun Lagi

| Selasa, 30/08/2022 09:29 WIB
Indonesia Diprediksi Surplus Gas 10 Tahun Lagi Ilustrasi. Industri Gas Alam atau Gas Bumi (Doc: Seputar Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Indonesia diproyeksikan surplus gas hingga 1.715 MMSCFD dalam 10 tahun ke depan. Pemerintah mengklaim ini bisa terjadi dari banyaknga proyek potensial di berbagai daerah di Indonesia.

"Proyek-proyek tersebut antara lain Masela yang akan mulai berproduksi setelah pertengahan dekade ini, dan Proyek IDD yang diharapkan dapat mendukung produksi LNG Bontang. Ada juga Andaman dan Agung, yang diharapkan bisa berkontribusi pada neraca gas dalam jangka panjang," jelas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, dalam keterangannya, Selasa 30 Agutus 2022.

Dari prediksi mereka, akan terdapat peningkatan produksi LNG dimulai pada 2028. Lalu Indonesia diproyeksikan memenuhi seluruh permintaan produksi domestik mulai dari suplai eksisting, suplai proyek, dan suplai potensial mulai tahun 2022-2030.

Tutuka menjelaskan, gas alam menjadi penting untuk meningkatkan pengembangan hidrogen sebagai salah satu dari teknologi energi bersih yang paling menjanjikan di masa depan. Hidrogen yang diproduksi dari gas dapat menjadi pelengkap hidrogen dari energi terbarukan.

"Menyadari pentingnya peran gas, maka stabilitas pasar gas global perlu dijaga. Ketidakstabilan pasar gas kemungkinan akan berdampak negatif pada perekonomian secara keseluruhan. Ketidakpastian gas global yang sedang berlangsung juga dapat mengganggu perjuangan kita untuk Recover Together, Recover Stronger, seperti yang telah disuarakan oleh Presidensi G20," pungkas Tutuka.

 

 

Tags : Gas , LNG