Menkeu: Indonesia Termasuk Negara Yang Pulih Cepat

| Kamis, 01/09/2022 10:58 WIB
Menkeu: Indonesia Termasuk Negara Yang Pulih Cepat Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia termasuk negara yang pemulihan ekonominya cukup cepat dan cukup tinggi.

Hal itu terlihat dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB) riil tahun 2021, dimana Indonesia telah berada 1,6 persen diatas level pra pandemi. Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR di gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/08).

“Kalau kita lihat di negara-negara G20 dan ASEAN itu hanya sekitar separuhnya yang sudah pulih di atas pra pandemi termasuk Indonesia,” terang Menkeu di Jakarta, Kamis 1 September 2022.

Menkeu juga menjelaskan, tren pemulihan ekonomi Indonesia kian membaik dengan pertumbuhan ekonomi berada di atas 5 persen pada tiga kuartal berturut-turut, sementara di banyak negara justru mengalami perlemahan.

“Kita masih dalam momentum yang menguat. Ini yang menggambarkan bahwa kita cukup dalam posisi yang optimis namun waspadanya tetap tinggi,” pungkas Menkeu.

Selanjutnya, Menkeu juga mengatakan tingkat inflasi Indonesia masih relatif moderat di angka 4,9 persen dibandingkan dengan banyak negara-negara lain. Selain itu, satabilitas eksternal Indonesia juga terjaga dengan baik. Hal itu ditandai dengan surplus neraca pembayaran yang ditopang oleh kinerja ekspor yang tumbuh mencapai 32 persen.

“Inilah kenapa ditekankan bahwa seluruh langkah-langkah memperbaiki iklim investasi menjadi sangat penting,” terang Menkeu.

Tags : Indonesia , Menkeu