Menteri Keuangan RI Sebut Harga Minyak Global Masih Fluktuatif

| Senin, 12/09/2022 21:56 WIB
Menteri Keuangan RI Sebut Harga Minyak Global Masih Fluktuatif Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa harga minyak di tingkat global masih akan fluktuatif. Meskipun, menurutnya, saat ini sudah mulai ada penurunan.

"Sekarang kita melihat harga minyak sedikit menurun, tetapi kita tidak yakin kapan ini akan naik atau apakah akan turun dan terus turun lagi," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Senin, 12 September 2022.

Dijelaskannya, keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bahan Bakar Minyak (BBM) dengan rata-rata sebesar 30 persen merupakan langkah yang cukup tepat mengingat harga minyak dunia mengalami kenaikan mencapai 100 dolar AS per barel. Ia mengatakan, kenaikan harga BBM ini akan mampu mengamankan anggaran yang sudah terlalu tertekan jika harus ditambah untuk memberi subsidi.

"Saya pikir langkah-langkah yang telah kita ambil untuk menyesuaikan harga minyak minggu lalu akan cukup untuk setidaknya mengamankan anggaran," tuturnya.

Meski demikian, lanjutnya, pemerintah akhirnya memberi tambahan bantuan sosial dalam rangka menjaga daya beli masyarakat di tengah potensi peningkatan berbagai harga komoditas akibat kenaikan harga BBM. Langkah itu sejalan dengan fokus kebijakan pemerintah yaitu menjaga momentum pemulihan melalui terjaganya daya beli masyarakat, namun anggaran tetap aman, kredibel dan berkelanjutan dalam jangka menengah panjang.

Tags : Menteri Keuangan , Minyak , Global , Subsidi , BBM , Indonesia