Stok Telur Ayam di Indonesia Timur Dipastikan Cukup

| Senin, 19/09/2022 22:00 WIB
Stok Telur Ayam di Indonesia Timur Dipastikan Cukup Telur Ayam Ras (Doc: Bisnis Bali)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyatakan bahwa ketersediaan telur ayam ras untuk konsumsi di Indonesia Wilayah Timur aman dan mencukupi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Nasrullah saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu peternakan ayam ras petelur di Sulawesi Selatan, yaitu PT. Cahaya Mario di Kabupaten Sidrap.

"Kami hadir disini untuk memastikan ketersediaan telur ayam untuk konsumsi untuk masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan mencukupi, bahkan secara nasional pun juga cukup," ucap Nasrullah.

Menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan karena ketersediaannya mencukupi bahkan surplus sampai Desember 2022.

Dia menjelaskan, Kabupaten Sidrap merupakan salah satu daerah sentra produksi ternak ayam ras petelur (layer) terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data produksi telur ayam ras di Kabupaten Sidrap sebanyak 75.793 ton dari total populasi ayam ras petelur (layer) sebanyak 5.227.123 ekor, sedangkan kebutuhan telur ayam ras sebanyak 70.472 ton, sehingga terdapat surplus sebanyak 5.321 ton.

Tags : Telur Ayam , Telur

Berita Terkait