Wapres Maruf Amin Sebut Komoditas Sarang Walet Potensial untuk Kesejahteraan Masyarakat

| Jum'at, 30/09/2022 18:01 WIB
Wapres Maruf Amin Sebut Komoditas Sarang Walet Potensial untuk Kesejahteraan Masyarakat KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin menyatakan bahwa komoditas sarang burung Walet sangat potensial untuk kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Wapres saat berdialog dengan Pengusaha Walet di Gresik, Jawa Timur, Jumat, 30 September 2022.

"Saya bersyukur hari ini bisa berkunjung silaturahim di Gresik dan bertemu dengan bapak-ibu sekalian untuk mendengarkan masalah-masalah yang dihadapi dalam masalah perwaletan," ujar Kiai Maruf seperti dikutip dari okezone.

Diungkapkannya, masalah walet bahkan sudah pernah dibahas di Sidang Kabinet yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Perlu saya beritahu bahwa sebenarnya masalah walet ini pernah dibahas di Sidang Kabinet yang dipimpin pak Presiden. Waktu itu yang dibahas walet dan karena walet alat ini dianggap memiliki potensi yang besar dan bisa menghasilkan uang untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Wapres pun mengatakan bahwa pemerintah akan mengambil kebijakan untuk memperluas pasar ekspor Walet ini. "Pemerintah (akan) mengambil berbagai kebijakan untuk memperluas pasar, kemudian memberikan bimbingan teknis dan mendorong supaya ada permodalan bisa diberikan melalui KUR dan berbagai hal," tukasnya.

Meskipun pasar Walet luas, lanjut Kiai Maruf, namun persyaratan ekspor ke negara seperti China lebih sulit. "Pasar Walet ini cukup luas tetapi ternyata yang potensial itu di Cina, di RRC. Hanya memang di RRC ini ada persyaratan-persyaratan yang tadi saya dengar, sulit ada yang agak rigid sehingga yang bisa masuk ke sana itu hanya dgn kualifikasi tertentu dan jumlahnya justru tidak terlalu banyak. Yang banyak justru tidak bisa masuk," tuturnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Walet , Ekspor , Indonesia