Inflasi September Tertinggi dalam 8 Tahun Terakhir, Kemenkeu Sebut Masih Stabil

| Selasa, 04/10/2022 08:09 WIB
Inflasi September Tertinggi dalam 8 Tahun Terakhir, Kemenkeu Sebut Masih Stabil Pemandangan Ibu Kota Indonesia di Sore Hari (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyatakan jika inflasi Indonesia tetap stabil di tengah gejolak perekonomian global yang saat ini terjadi.

“Indonesia mampu menjaga inflasi pada level yang moderat. Inflasi Indonesia memang naik, namun  jika dibandingkan dengan negara-negara peer group lain, kenaikan inflasi di Indonesia masih di level yang rendah,” ungkap Wamenkeu dalam keterangan tertulisnya, Selasa 3 Oktober 2022.

Sebelumnya diketahui Inflasi Tahunan di Bulan September ini mencapai 5,95% nyaris menyentuh 6%. Angka itu juga menjadi yang tertinggi dalam 8 tahun terakhir.

Suahasil menjelaskan saat ini fundamental ekonomi Indonesia juga terpantau stabil. Level PDB riil Indonesia tahun 2022 jika dibandingkan dengan level PDB riil sebelum pandemi (tahun 2019), sudah naik 7,1%. Angka ini relatif cukup tinggi jika dibandingkan negara lain.

“Kita bersyukur pertumbuhan Indonesia masih tetap tinggi dengan kenaikan inflasi yang tidak terlalu tinggi. Ini kondisi yang musti kita jaga ke depan dengan berbagai macam cara. Pemerintah akan tetap menggunakan APBN sebagai shock absorbernya, dan pada saat yang bersamaan inflasi musti tetap kita jaga,” kata Wamenkeu.

Tags : Inflasi , Kemenkeu ,