Prospek Bisnis Jamur Masih Sangat Menjanjikan

| Selasa, 11/10/2022 10:42 WIB
Prospek Bisnis Jamur Masih Sangat Menjanjikan Budidaya Jamur (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Prospek bisnis jamur saat ini dinilai cukup menggiurkan, ini lantaran jamur mengandung banyak protein yang hampir sama dengan proyein hewani.

Daging jamur, khususnya jamur merang memiliki semua kandungan asam amino essensial yang terdapat dalam telur bahkan untuk kandungan lysine dan histidinennya lebih tinggi daripada telur.

“Peluang bisnis jamur tiram saat ini cukup menjanjikan. Banyaknya permintaan baglog untuk pembesaran jamur dari para petani jamur saat ini sudah melebihi jumlah pasokan. Oleh karena itu, membuat usaha ini sangat potensial untuk dikembangkan” ungkap Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa 11 oktober 2022.

Dia mencatat saat permintaan baglog jamur tiram saat ini sudah mencapai 50.000 lebih di wilayah Purwakarta. Namun demikian, sampai saat ini baru terpenuhi 20.000 baglog.

“Sehingga bisnis usaha untuk pengembangan jamur masih sangat prospektif,” terangnya lagi.

Pemerintah lanjut dia, juga mendukung pengembangan jamur tiram di Kabupaten Purwakarta, salah satunya melalui pemberian bantuan fasilitasi sarana budidaya jamur berupa kubung jamur budidaya.

“Bantuan Kubung dari Ditjen Hortikultura tahun 2020 untuk Rumah Jamur Fahira, diberdayakan untuk penyimpanan baglog jamur siap produksi. Kami sangat mengapresiasi upaya Rumah Jamur Fahira dalam mengembangkan komoditas jamur,”tandasnya.

Tags : Bisnis Jamur , Prospek Jamur

Berita Terkait