Transisi Energi Tetap Berjalan Meski Terhambat Resesi

| Rabu, 26/10/2022 11:48 WIB
Transisi Energi Tetap Berjalan Meski Terhambat Resesi Pembuangan Gas oleh PLTU Sebabkan Polusi Udara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Direktur Bidang Perencanaan dan Penanaman Modal Kementerian Investasi Indra Darmawan menyebut transisi energi akan tetap berjalan meski melambat karena resesi global di 2023.

“Saya yakin kita tidak akan keluar dari ambisi dan cita-cita untuk melakukan transisi energi. Kita memang mengalami keterlambatan, tapi cita-cita kita tidak berubah karena kita memiliki komitmen yang kuat dan potensi yang besar,” kata Indra dalam dalam Bincang Bersama BKPM, Bappenas, dan KADIN seperti dikutip Rabu 26 Oktober 2022.

Saat ini di tengah peningkatan harga komoditas dan gangguan rantai pasok global, beberapa negara kembali kepada sumber energi yang tidak berkelanjutan seperti batu bara untuk memenuhi kebutuhan di tengah musim dingin yang akan segera datang.

Meskipun demikian, menurut Indra ke depan negara-negara di dunia akan tetap melanjutkan transisi energi dan pembangunan yang berkelanjutan, termasuk di Indonesia yang telah meluncurkan peta jalan untuk mencapai target emisi karbon nol.

“Pemungutan pajak karbon memang kita tunda, tapi kita sudah melakukan uji coba pasar karbon terhadap 50 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dimana 20 PLTU menjadi pembeli karbon dan selebihnya menjadi penjual. Kita simulasikan,” tandasnya.

Tags : PLTU , transisi , energi

Berita Terkait