Sri Mulyani Usul Indonesia Perlu Ciptakan Kemandirian Energi

| Rabu, 26/10/2022 20:28 WIB
Sri Mulyani Usul Indonesia Perlu Ciptakan Kemandirian Energi Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Indonesia perlu menciptakan kemandirian energi melalui reformasi energi agar Indonesia bisa bertahan di tengah berbagai tantangan perekonomian global ke depan. Menurut Menkeu, kemandirian ini penting mengingat saat ini rantai pasok energi di Eropa sedang terganggu pasokan dari Rusia yang sedang berkonflik dengan Ukraina.

"Situasi seperti ini seharusnya membuat Indonesia sebagai negara kepulauan dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai tinggi berpikir bagaimana menciptakan kemandirian energi di Indonesia. Reformasi energi juga menjadi sangat penting," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Rabu, 26 Oktober 2022.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah berencana menerapkan kebijakan agar masyarakat beralih dari kompor gas kepada kompor listrik untuk mengatasi peningkatan permintaan terhadap minyak dan gas, serta menyerap produksi listrik PLN. Selain itu, Indonesia juga diharapkan dapat mengembangkan potensi penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) dengan emisi karbondioksida yang lebih kecil.

"Indonesia memiliki potensi energi baru dan terbarukan yang sangat besar. Kita perlu merumuskan kebijakan dan aturan sehingga sumber energi bisa merefleksikan kekuatan dari potensi energi di Indonesia," tuturnya.

Tags : Menteri Keuangan RI , Kemandirian Energi , Indonesia , PLN

Berita Terkait