PTBA Akan Serius Garap Sektor EBT

| Kamis, 27/10/2022 09:46 WIB
PTBA Akan Serius Garap Sektor EBT PLTS Selayar (Doc: BUMN)

RADARBANGSA.COM - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berencana untuk mengembangkan bisnis di sektor energi baru terbarukan (EBT).

Perusahaan menilai EBT memiliki prospek yang cerah seiring dengan semakin gencarnya program pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission pada 2060.

“Saat ini PTBA memiliki sejumlah lahan bekas tambang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan PLTS. Di antaranya adalah lahan pasca tambang Ombilin di Sumatera Barat seluas 201 hektar (ha) dan di Tanjung Enim seluas 224 ha,” ungkap Arsal Ismail, Direktur Utama PTBA dalam siaran persnya, Rabu 26 Oktober 2022.

Diperkirakan potensi PLTS di masing-masing lahan tersebut mencapai 200 Megawatt (MW).

“Lahan-lahan tersebut milik perseroan, sehingga tidak perlu dilakukan pembebasan lahan. Dengan begitu, biaya investasi untuk PLTS dapat ditekan sehingga listrik yang dihasilkan bisa kompetitif," jelas Arsal.

Rencananya pembangunan PLTS mencakup PLTS Rooftop dan PLTS Ground Mounted yang ditargetkan beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada tahun 2023-2024.

“Langkah-langkah ini dilakukan agar PTBA memiliki pengalaman dalam operasional, manajemen, hingga perawatan PLTS. Pengalaman ini akan bermanfaat bagi PTBA ketika suatu saat masuk ke PLTS berskala besar,” tandas Araal.

Tags : EBT , Batubara , PTBA

Berita Terkait