Tersengat Dolar, Rupiah Melemah Menuju Rp15.800

| Jum'at, 04/11/2022 10:59 WIB
Tersengat Dolar, Rupiah Melemah Menuju Rp15.800 Mata uang rupiah dan Mata uang Dolar AS (Doc: Market Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar yang ditransaksikan antarbank pada Hari Jumat Siang melemah.

Mengutip Data Bloomberg, Rupiah Pukul 10.55 melemah 0,28 persen ke posisi Rp15.739 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.695 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan rupiah mungkin masih berpeluang melemah terhadap dolar AS hari ini. Kenaikan suku bunga the Fed masih menjadi pemicunya. 

"Kebijakan the Fed ini akan mendorong bank sentral lainnya untuk menaikan suku bunga acuannya juga agar nilai tukarnya tidak terlalu melemah terhadap dolar AS," kata Ariston dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat Siang, 4 November 2022.

Bank of England menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin dari 2,25% menjadi 3% pada, Kamis kemarin waktu setempat. Kenaikan ini merupakan yang terbesar sejak 1989.

Mengutip Reuters, Bank Sentral Inggris memperingatkan investor akan risiko resesi terpanjang setidaknya dalam satu abad. Selain itu, bank sentral juga mengingatkan, ekonomi Inggris mungkin tidak akan tumbuh selama dua tahun ke depan, jika suku bunga naik sebanyak yang diperkirakan pasar.

"Kami tidak bisa menjanjikan suku bunga di masa depan, tetapi berdasarkan posisi kami hari ini, kami pikir suku bunga harus naik kurang dari harga saat ini di pasar keuangan," ujar Gubernur Bank of England, Andrew Bailey dikutip, Jumat 4 November 2022.

Bank Sentral Inggris memperkirakan inflasi akan menyentuh level tertinggi dalam 40 tahun sekitar 1% pada kuartal IV 2022. Selain itu, angka pengangguran akan terus meningkat menjadi 6,4% pada akhir 2025, hampir dua kali lipat dari 3,5% pada saat ini.

"Tapi efek suku bunga tinggi juga tidak bagus untuk pertumbuhan ekonomi. Ini akan menekan permintaan yang bisa melambatkan pertumbuhan ekonomi," ujar Ariston.

Tags : Rupiah , Dolar