Bank Dunia Dukung Penuh Indonesia Transisi Energi

| Rabu, 16/11/2022 08:48 WIB
Bank Dunia Dukung Penuh Indonesia Transisi Energi Bank Dunia (Foto: IOM)

RADARBANGSA.COM - Bank Dunia (World Bank) mengatakan akan mendukung langkah Indonesia untuk melakukan transisi ke energi bersih untuk mengurangi emisi karbon.

“World Bank siap mendukung langkah transisi energi di Indonesia guna mengurangi emisi karbon, antara lain melalui pembangunan energi baru terbarukan seperti energi surya, angin, dan hydro,” kata Perwakilan World Bank, Mr. Axel van Trotsenburg.

Di kesempatan itu Pihak Indonesia Menteri Koordinator Airlangga menjabarkan bahwa Indonesia akan terus mendorong pemanfaatan renewable energy dengan mengedepankan prinsip–prinsip berkelanjutan dalam upaya mentransformasi ekonomi Indonesia.

“Indonesia saat ini sedang mengembangkan energi hydro di kawasan Kalimantan Utara. Nantinya listrik yang dihasilkan tidak hanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia, namun dapat dijual ke Brunei Darussalam dan Filipina,” ungkap Menko Airlangga.

Pemerintah Indonesia memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga dan menghindari dampak keterpurukan ekonomi lebih dalam lagi seperti kemiskinan ekstrem.

Indonesia sambungnya juga mampu menjaga level perekonomian tetap menunjukkan tren yang positif selama tahun 2022, di mana Indonesia mengalami pertumbuhan positif sebesar 5,72% pada triwulan ke-3.

“Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perekonomian nasional,” tandas Menko.

Tags : Bank Dunia , World Bank

Berita Terkait