Ekspor Mobil Naik 60,7% Meski Dihantam Inflasi

| Rabu, 01/02/2023 10:02 WIB
Ekspor Mobil Naik 60,7% Meski Dihantam Inflasi Sektor usaha otomotif (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sektor industri roda empat pada tahun 2022 berhasil mencatatkan kinerja eskpor yang cukup gemilang.

Meski terdapat tekanan inflasi di berbagai negara dan dampak perang Rusia-Ukraina, ekspor Industri Otomotif naik 60,7% dengan total 473 unit dari tahun 2021 yang berjumlah 294 ribu unit. 

“Manufaktur kendaraan roda empat nasional berhasil menjadi pahlawan devisa dengan kemampuan ekspor 473 ribu unit mobil, meningkat 60,7 persen dibanding tahun 2021,” ungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan R. Hendro Martono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 1 Februari 2023.

Sementara dari sisi nilai, berdasarkan data BPS pada tahun 2022, ekspor kendaraan roda empat mencapai USD5,7 miliar atau meningkat 63,5 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai USD3,5 miliar. 

“Apabila nilai ekspor dan impor kendaraan roda empat dibandingkan secara nilai menghasilkan surplus devisa sebesar USD3,4 miliar, meningkat 64 persen dibandingkan tahun 2021 yang berjumlah USD2 miliar,” pungkasnya.

Namun demikian, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh industri otomotif. Beberapa tantangan di antaranya terkait ketersediaan bahan baku, kekurangan semi-konduktor, kendala logistik dan transportasi, serta biaya energi yang tinggi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Hendro mendorong perusahaan untuk mengembangkan sayap untuk menjangkau pasar-pasar baru, menguatkan inovasi, serta meningkatkan anggaran research & development (R&D). 

Hal tersebut juga akan menjadi basis Kemenperin dalam memperjuangkan insentif untuk industri otomotif. 

“Inovasi serta ketersediaan bahan baku merupakan kunci bagi masa depan industri otomotif,” ujarnya.

 

Tags : Ekspor Mobil , Otomotif

Berita Terkait