Konversi Kendaraan Listrik Bikin Hemat Pengguna Motor Rp2,7 Juta Per Tahun

| Kamis, 09/03/2023 11:34 WIB
Konversi Kendaraan Listrik Bikin Hemat Pengguna Motor Rp2,7 Juta Per Tahun Motor listrik (molis) foto: istimewa

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menilai konversi ke kendaran listrik bisa menghemat pengeluaran konsumen ataupun negara.

"Manfaatnya sudah kita identifikasi. Pada sisi konsumen atau pengguna motor, perhitungan kita paling tidak Rp2,77 juta pertahun bisa dihemat. Kemudian dari sisi Pemerintah juga agar ada penghematan Rp32,7 M pertahun, kita nanti asumsinya ada tentu saja,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana dalam keterangan tertulis, Kamis 9 Maret 2023.

Konversi motor listrik juga akan menciptakan lapangan kerja baru, yakni salah satunya teknisi pada bengkel khusus konversi di seluruh Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi motor BBM menjadi motor listrik, terdapat syarat-syarat utama yakni kendaraan masih dalam kondisi baik, surat-surat berupa STNK dan BPKB masih lengkap, dan datanya sesuai dengan data pada KTP, agar tidak terjadi penyalahgunaan.

"Kemudian, apabila masyarakat memiliki dua sepeda motor, untuk sementara hanya satu saja yang dapat dikonversi, supaya yang lain bisa kebagian. Motornya juga harus dikonversi di bengkel yang bersertifikat dari Kementerian Perhubungan, dan akan kami siapkan aplikasinya agar dapat dengan mudah mengetahui lokasi bengkel konversi," pungkas Rida.

Tags : Konversi Motor , Motor Listrik

Berita Terkait