Bank Mandiri Bagi Dividen Rp24,7 Triliun

| Rabu, 15/03/2023 09:13 WIB
Bank Mandiri Bagi Dividen Rp24,7 Triliun Bank Mandiri.

RADARBANGSA.COM - Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memutuskan menetapkan 60% dari laba bersih konsolidasi 2022 atau sekitar Rp24,7 triliun sebagai dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham (dividen payout ratio).

"Dari nilai tersebut, besaran dividen per lembar saham atau dividend per share Bank Mandiri yakni mencapai kisaran Rp529,34," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers virtual, Selasa 14 Maret 2023.

Darmawan menjelaskan besaran dividen per share Bank Mandiri tersebut naik 46,8% jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya yang sebesar Rp360,64 per lembar saham.

"Adapun, dari nilai tersebut dividen kepada Negara Republik Indonesia atas kepemilikan sebesar 52% saham Bank Mandiri sebesar Rp12,84 triliun akan disetorkan kepada Rekening Kas Umum Negara. Dividen untuk negara itu naik 46,7% dari posisi tahun lalu," ujar Darmawan. 
 
Besaran dividen tersebut sejalan dengan komitmen manajemen Bank Mandiri, yang terus berupaya untuk berkontribusi secara optimal kepada masyarakat.

“Keputusan ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada manajemen untuk terus memberikan solusi finansial yang terbaik tak hanya kepada nasabah tetapi juga masyarakat secara luas,” jelas Darmawan. 
 
Keputusan pembagian dividen juga dilakukan dengan mempertimbangkan rencana akselerasi serta ekspansi bisnis serta kebutuhan permodalan Bank Mandiri.

"Adapun, setelah pembagian dividen, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Mandiri sampai dengan akhir tahun 2023 diproyeksikan tetap terjaga di level optimal," tutup Darmawan

Tags : BMRI , Bank Mandiri

Berita Terkait