Bulog Sebut Stok Beras di Gudang Tersedia 380.000 Ton

| Rabu, 15/03/2023 20:52 WIB
Bulog Sebut Stok Beras di Gudang Tersedia 380.000 Ton Budi Waseso (Direktur Utama Bulog). (Foto: Perum Bulog)

RADARBANGSA.COM - Stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di gudang Bulog masih tersedia 380.000 Ton. Stok beras bulog menipis jika dibandingkan dengan CBP yang dikuasai pada Februari lalu yakni 594.000 Ton.

Meskipun stok beras medium berkurang, Bulog memastikan pasokan beras saat Ramadan dan Lebaran tahun ini tetap aman. 

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso mengatakan bahwa pihaknya segera menyerap beras di tingkat petani pada saat panen raya yang terjadi pada Maret 2023. Sehingga, hasil serapan beras langsung didistribusikan ke pasar.

"Saat ini cadangannya (CBP) 380.000 ton, tapi kan kita masa panen raya nih, begitu kita ambil kita langsung gunakan, kita ambil kita gunakan," ujarnya seperti dikutip dari okezone.com, Rabu, 15 Maret 2023.

Ditegaskannya, distribusi beras premium ke retail modern bagian dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini. "Jadi Rp47.000 itu 5 kilo ya, artinya berasnya juga kualitasnya premium, masyarakat beli di sini, lihat sendiri, jadi itu juga akan menurunkan harga saat ini yang masih begitu tinggi," ungkap Buwas, sapaan akrabnya.

Suplai 1.000 ton beras premium merupakan tahap awal dari program SPHP untuk ritel modern. Dia memastikan pihaknya terus menambah pasokan beras berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Buwas mengatakan operasi pasar untuk berbagai komoditas ini sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tujuannya, memenuhi kebutuhan dan menekan gejolak harga pangan yang diperkirakan naik saat Ramadhan dan Lebaran.

Tags : Bulog , Budi Waseso , Beras , Panen , Ramadan , Lebaran