Harga Emas Bertahan di Posisi Puncak

| Jum'at, 17/03/2023 08:38 WIB
Harga Emas Bertahan di Posisi Puncak Produk Emas Antam (Doc: Surabaya Pagi)

RADARBANGSA.COM - Harga Emas masih bertahan di level tertinggi multi tahun.

Harga emas di pasar spot naik 0,1% menjadi USD1.919,31 per ons pada pukul 24.53 WIB, setelah melompat ke level tertinggi sejak awal Februari di USD1.937,28 pada sesi Rabu, demikian laporan Reuters, di Bengaluru, Kamis atau Jumat  dini hari WIB. Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat ditutup melemah 0,4% menjadi USD1.923 per ons

“Kita melihat permintaan safe-haven untuk emas berlanjut dengan kecemasan yang meningkat di pasar atas krisis perbankan.”

Fokus investor sekarang akan beralih ke pertemuan kebijakan Federal Reserve pekan depan, dengan pasar sebagian besar memperkirakan bank sentral Amerika itu akan menaikkan suku bunga 25 bps.

Kendati emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi, namun suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan opportunity cost untuk memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil tersebut.

Menopang emas lebih lanjut adalah kerugian di pasar keuangan yang lebih luas karena saham, obligasi dan dolar berguguran.

“Prospek jangka pendek untuk emas terlihat bullish, tetapi jika the Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 bp minggu depan, itu akan menekan logam kuning,” kata Daniel Pavilonis, analis RJO Futures.

Sementara itu, harga emas antam jumat ini berada di posisi Rp1.063.000 per gram stabil sejak 3 hari sebelumnya. Sementara itu untuk harga buyback dibanderol Rp 952.000 Per gram.

Tags : Emas , Antam