Bank Dunia: Kinerja Negara Asia Timur dan Pasifik Naik Tahun Ini

| Jum'at, 31/03/2023 10:05 WIB
Bank Dunia: Kinerja Negara Asia Timur dan Pasifik Naik Tahun Ini Bank Dunia Tambah Bantuan Senilai $14 Miliar Atasi Corona (Foto: IOM)

RADARBANGSA.COM - Laporan terbaru Bank Dunia menunjukkan kinerja ekonomi Negara Asia Timur dan Asia Pasifik akan menguat di tahun 2023.

Meski demikin tetap terdapat potensi perlambatan pertumbuhan global dipicu naiknya harga komoditas, dan pengetatan keuangan sebagai tanggapan terhadap inflasi yang terus-menerus.

"Laju pertumbuhan di negara berkembang Asia Timur dan Pasifik diperkirakan akan meningkat menjadi 5,1% pada tahun 2023 dari 3,5% pada tahun 2022, karena pembukaan kembali Tiongkok membantu perekonomian untuk pulih ke 5,1% dari 3% tahun lalu," kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Manuela V. Ferro dikutip Reuters Jumat 31 Februari 2023.

Pertumbuhan kawasan EAP kecuali Tiongkok diperkirakan akan melambat menjadi 4,9% dari pemulihan kuat pascaCOVID-19 sebesar 5,8% pada tahun 2022, karena inflasi dan peningkatan utang rumah tangga di beberapa negara membebani konsumsi. 

Sebagian besar negara utama di Asia Timur dan Pasifik telah melewati masa sulit selama pandemi tetapi kini mereka perlu menavigasi lanskap dunia yang berubah.

"Guna mendapatkan kembali momentum, masih ada upaya-upaya yang perlu ditempuh untuk mendorong inovasi dan produktivitas, serta membangun landasan untuk pemulihan yang lebih hijau," ujar Manuela.

Di antara negara-negara yang lebih besar di kawasan ini, kebanyakan, termasuk Indonesia, Filipina, dan Vietnam, diprediksi akan memiliki laju pertumbuhan lebih moderat pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022. Sebagian besar Negara Kepulauan Pasifik diperkirakan tumbuh lebih cepat pada tahun 2023, tetapi laju perekonomian Fiji yang sangat cepat pada tahun 2022 kemungkinan akan berkurang.

Tags : Bank Dunia , World Bank

Berita Terkait