Perekonomian Indonesia Diperkirakan Tumbuh 4,8% Tahun Ini

| Selasa, 04/04/2023 14:19 WIB
Perekonomian Indonesia Diperkirakan Tumbuh 4,8% Tahun Ini Kawasan Sudirman, Jakarta. (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh normal kembali di kisaran 4,8% pada 2023 dan 5,0% pada 2024.

Perkiraan itu disampaikan dalam laporan Asian Development Bank (ADB) yang dirilis hari ini. 

“Lonjakan komoditas ekspor mendorong pertumbuhan hingga 5,3% pada 2022, menggantikan permintaan dalam negeri yang lemah,” kata Jiro Tominaga, Direktur ADB untuk Indonesia dalam keterangan tertulis, Selasa 4 April 2023.
 
“Tekanan global pada 2023 diproyeksikan akan memangkas pertumbuhan ekspor, meskipun transaksi berjalan semestinya akan tetap mendekati seimbang. Namun karena pengeluaran rumah tangga merupakan bagian besar dari perekonomian Indonesia, kembali normalnya belanja konsumen dan berbagai manfaat dari penurunan inflasi akan menopang pertumbuhan. Meskipun demikian, investasi kemungkinan belum akan menguat karena dunia usaha masih melihat situasi," jelas Jiro. 

Inflasi mencapai puncaknya hingga hampir 6% pada September, melebihi batas inflasi yang ditetapkan Bank Indonesia sebesar 4%. 

Namun inflasi sudah menurun, berkat melemahnya harga komoditas dan pengetatan kebijakan moneter, serta diproyeksikan akan turun ke sekitar 3,5% pada Desember dan mencapai rata-rata 4,2% pada 2023, tambah laporan tersebut.

 

 

Tags : Perekonomian , ADB

Berita Terkait