Isuzu Pindahkan Basis Produksi Pabrik Truk ke Indonesia

| Kamis, 08/06/2023 14:36 WIB
Isuzu Pindahkan Basis Produksi Pabrik Truk ke Indonesia ilustrasi.

RADARBANGSA.COM - Kabar baik untuk pekerja di sektor otomotif tanah air. Raksasa otomotif Isuzu akhirnya memutuskan untuk memindahkan basis produksi pabrik truk ke Indonesia.

“Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Menperin) pasca melakukan pertemuan dengan jajaran Isuzu Motors Ltd. di Tokyo, Selasa silam, 6 Juni 2023.

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” ujar Menperin.

Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85%. Produksi tahun 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15% dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Pada tahun 2022, ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU)

Di tahun 2023, Isuzu menargetkan peningkatan ekspor dari 25 negara di tahun lalu.

“Untuk itu, Isuzu meminta dukungan dari Pemerintah Indonesia untuk kemudahan ekspor,” ujar Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima.

Tags : isuzu , tokyo

Berita Terkait