Larangan Ekspor Bauksit tak akan Berdampak ke Pertumbuhan Ekonomi

| Selasa, 20/06/2023 09:03 WIB
Larangan Ekspor Bauksit tak akan Berdampak ke Pertumbuhan Ekonomi Tambang Bauksit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Target pertumbuhan ekonomi tahun 2023 sebesar 5,3% diprediksi tetap tercapai meskipun pemerintah memberlakukan penghentian ekspor bauksit sejak 10 Juni 2023.

Ekonom dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Ryan Kiryanto mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan relatif terjaga karena porsi kinerja ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif kecil.

"Kurang lebih 10% saja. Jadi saya yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Semester II-2023 tidak akan terkontraksi dalam akibat keluarnya kebijakan ini," kata Ryan seperti dikutip Ipotnews, Selasa 20 Juni 2023.

Sementara komponen yang dominan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi domestik yang porsinya bisa mencapai 55%. Dengan tingkat inflasi Indonesia yang sangat terjaga hingga Mei 2023, daya beli masyarakat Indonesia juga akan sangat terjaga. 

"Ini sangat berbeda dengan negara negara maju yang masih menghadapi masalah inflasi tinggi," ujar Ryan. 

Ryan optimis BI akan terus mempertahankan suku bunga acuan tetap sama sampai akhir tahun. Bahkan meskipun Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan dua kali lagi pada Semester II-2023. 

"Kalaupun ada kenaikan Fed Fund Rates lagi, BI akan melakukan perubahan di kebijakan makro prudential, bukan di kebijakan moneter," pungkas Ryan. 

Tags : Pertumbuhan Ekonomi

Berita Terkait