QRIS bakal bisa digunakan untuk Tarik Tunai

| Jum'at, 23/06/2023 09:59 WIB
QRIS bakal bisa digunakan untuk Tarik Tunai qris

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) berencana meluncurkan fitur Quick Response Code Indonesian Standard yang bisa digunakan Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS). 

Rencananya, BI akan meluncurkan pada Agustus 2023.

"Saat ini sudah ada 16 peserta yang siap piloting untuk fitur ini. Piloting sudah dilakukan sejak 2021 dan di 2022 sudah soft launching saat di Bali, mudah-mudahan di Agustus nanti bisa grand launching," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta seperti dikutip Antara, Jumat 23 Juni 2023.

Dia menjelaskan terdapat 3 manfaat yang diharapkan dari fitur QRIS TUNTAS. Pertama, optimalisasi sumber dana agar bisa dipakai bisa untuk berbagai kegiatan, tidak hanya simpanan tetapi menambah fungsi sebagai uang elektronik.

Kedua, meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas lantaran nantinya melalui fitur TUNTAS, QRIS bisa digunakan antara bank dengan bank, bank dengan non bank, maupun nonbank dengan nonbank. 

Ketiga, diharapkan yaitu mendorong inklusi keuangan karena nantinya fitur QRIS TUNTAS bisa digunakan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

“Jadi jika di daerah tersebut tidak ada ATM maupun bank, transaksi transfer, tarik, maupun setor tunai bisa dilakukan selama ada merchant QRIS," tandasnya.

Tags : QRIS , Tarik Tuna

Berita Terkait