Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Ini Diprediksi 4,88%

| Kamis, 06/07/2023 11:19 WIB
Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Ini Diprediksi 4,88% Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diperkirakan mencapai 4,88%. Sementara proyeksi inflasi direvisi turun menjadi 2,55%, dibanding 3,65% pada proyeksi sebelumnya. 

Untuk suku bunga kebijakan BI7DRR, Bank Indonesia diprediksi masih akan tetap mempertahankannya pada level 5,75% hingga akhir tahun ini. 

Ekonom Senior PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Rully Arya Wisnubroto mengatakan keseimbangan eksternal Indonesia melemah karena perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Sementara itu konsumsi rumah tangga juga melemah sesuai ekspektasi, meskipun tidak terlalu signifikan mengingat dampak kenaikan inflasi dan suku bunga. 

"Untungnya, inflasi telah mereda lebih cepat dari yang kami perkirakan dan kami yakin pemulihan konsumsi rumah tangga akan lebih cepat," kata Rully dalam keterangan tertulis, Kamis 6 Juli 2023.

Inflasi saat ini masih menjadi permasalahan utama di negara-negara maju, termasuk AS, Inggris dan Zona Eropa, serta negara-negara berkembang di Amerika Latin. Oleh karena itu, negara-negara tersebut masih akan terus menaikkan suku bunga kebijakan dan memperbesar probabilitas resesi di periode mendatang. 

"Sementara itu, pemulihan ekonomi Tiongkok yang diharapkan untuk mendorong ekonomi global, menunjukkan tanda-tanda melemah," ujar Rully. 

Tags : Pertumbuhan Ekonomi

Berita Terkait