Sri Mulyani Waspadai Pelemahan Ekonomi Global

| Selasa, 25/07/2023 07:49 WIB
Sri Mulyani Waspadai Pelemahan Ekonomi Global Gedung Kemenkeu RI (foto: kemenkeugoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai perekonomian global yang melemah, yang ditandai oleh Purchasing Managers' Index (PMI) yang kontraktif di banyak negara maju, termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Jepang.

Dia menjelaskan sebanyak 61,9% negara-negara di dunia mengalami kontraksi PMI. Negara tersebut adalah AS, Eropa, Jerman, Inggris, Jepang, Perancis, Italia, Afrika Selatan, Brasil, Singapura dan Malaysia.

"Artinya PMI-nya di bawah 50 dan ini negara-negara yang memiliki peran besar terhadap ekonomi dunia, yaitu Amerika, Eropa, Jerman, Prancis, Jerman, Jepang, Korea," katanya seperti dikutip Selasa 25 Juli 2023.

Negara-negara ini adalah negara yang memiliki pengaruh besar pada perdagangan dunia. 

"Sehingga PMI dari negara-negara ini patut kita waspadai. Apakah ini kecenderungan akan terus melemah dan tentu pada akhirnya mempengaruhi kondisi kinerja perekonomian global," ujar Sri Mulyani. 

Sementara itu, Sri Mulyani melanjutkan sebanyak 14,3% negara-negara global mengalami ekspansi yang terus terakselerasi. Negara tersebut antara lain adalah Indonesia, Turki, dan Meksiko.

"Artinya Indonesia terus bertahan pada posisi ekspansi dan bahkan sekarang posisi akselerasi sementara sebagian besar negara-negara yang merupakan pelaku ekonomi dunia mengalami deselerasi. Ini yang harus kita waspadai," tutup Sri Mulyani. 

Tags : Sri Mulyani , Menkeu

Berita Terkait