INTP dan SMGR Kuasai 75% Pasar Industri Semen

| Rabu, 26/07/2023 10:42 WIB
INTP dan SMGR Kuasai 75% Pasar Industri Semen Pengiriman Semen

RADARBANGSA.COM - Industri semen di Indonesia sejauh ini masih dikuasi oleh 15 pemain yang di puncaknya ada dua pemain terbesar yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang menguasai lebih dari 75% pangsa pasar. 

Melansir IpotNews, Industri semen telah berada dalam kondisi kelebihan pasokan sejak 2015 karena masuknya pemain baru secara masif. Akibatnya, tingkat utilisasi turun menjadi sekitar 55% dari puncaknya di atas 82% di pada tahun 2014.

Analis PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andreas Saragih optimistis bahwa produsen semen akan mencapai kinerja keuangan yang lebih kuat di masa mendatang. Kinerja tersebut didorong oleh faktor musiman, ASP yang relatif stabil. Juga didukung oleh persaingan yang terkendali, dan profitabilitas yang lebih baik sebagai hasil dari dampak penuh penyesuaian ASP dan harga energi yang lebih rendah. 

Pada Semester II-1023, Andreas memperkirakan industri akan mencapai volume penjualan sebesar 34,9 juta ton, sehingga proyeksi volume semen 2023 secara keseluruhan menjadi 62,3 juta ton (-0,4% YoY). Pertumbuhan ini akan didorong oleh penyelesaian proyek infrastruktur, percepatan belanja anggaran, dan berkurangnya hari libur di paruh kedua tahun ini. 

"Perlu disebutkan bahwa kontribusi volume semen pada paruh kedua tahun ini berkisar antara 54% hingga 58% selama lima tahun terakhir," ujar Andreas dalam riset harian, Rabu 26 Juli 2023.

Koreksi harga yang signifikan pada harga batubara Newcastle (-66% YTD) merupakan sentimen positif, mengingat biaya energi mencapai sekitar 45% dari biaya produksi. Sementara itu, biaya operasional yang meliputi transportasi, pengemasan, dan gaji, menyumbang 20% ​​- 25% dari total biaya.

"Kami memilih INTP sebagai pilihan utama kami karena kami memproyeksikan INTP mencatat peningkatan yang lebih tinggi daripada SMGR karena INTP akan menikmati keuntungan lebih besar dari penurunan biaya energi dan dampak positif bersih pada aset sewaan," tambah Andre.

Tags : Semen , INTP , SMGR