Konversi Motor Listrik Masyarakat Masih Jauh dari Target

| Selasa, 22/08/2023 09:35 WIB
Konversi Motor Listrik Masyarakat Masih Jauh dari Target Pengendara Motor (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menargetkan konversi 50.000 motor konvensional ke motor BBM listrik tahun ini. Namun fakta di lapangan masih jauh dari target, yaitu baru sekitar 4.500 motor konvesional yang terkonversi menjadi motor listrik.

“Tahun ini, pemerintah menargetkan sebanyak 50.000 unit motor BBM dikonversikan menjadi listrik, sedangkan pada tahun 2024 targetnya meningkat menjadi 150.000 unit," tutur Direktur Konservasi Kementerian ESDM Gigih Udi Atmo.  dalam keterangan tertulis, Selasa 22 Agustus 2023.

Gigih menyebut, dengan adanya fakta baru sekitar 4.500 masyarakat yang mendaftar untuk mengonversikan motornya, jumlah tersebut masih jauh dari harapan pemerintah. 

“Minat rendah partisipasi masyarakat terkait konversi motor listrik antara lain disebabkan karena kurangnya sosialisasi, harga yang cukup mahal, hingga kekhawatiran masyarakat terkait komponen motor listrik,” sambung Gigih.

Pemerintah sendiri, lanjut Gigih, juga telah melakukan berbagai macam usaha untuk menarik minat masyarakat agar ikut serta dalam konversi motor listrik, seperti dengan memberikan bantuan subsidi sebesar Rp7 juta berupa potongan harga ketika melakukan konversi motor listrik untuk menekan biaya investasi konversi motor listrik, dimana biaya tertinggi untuk mengonversikan motor listrik yaitu sebesar Rp17 juta.

Dari sisi layanan purna jual, Gigih mengatakan bahwa baterai motor listrik merupakan salah satu komponen utama yang dikhawatirkan masyarakat cepat rusak, akan mendapatkan garansi hingga tiga tahun dalam program konversi motor listrik, sedangkan garansi yang ditawarkan untuk motor brushless direct current (BLDC) atau dinamo motor selama 1 tahun.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir jika tiba-tiba dalam beberapa bulan baterai bermasalah, tinggal bawa saja ke bengkel dan nanti bengkel akan mengganti baterai tersebut," jelas Gigih.

Tags : Motor listrik , Konversi motor

Berita Terkait