Rupiah Pagi Menguat ke Rp 15.267 Per Dolar AS

| Selasa, 29/08/2023 10:29 WIB
Rupiah Pagi Menguat ke Rp 15.267 Per Dolar AS Mata uang rupiah dan Mata uang Dolar AS (Doc: Market Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi, menguat 0,16 persen atau 25 poin menjadi Rp15.267 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.292 per dolar.

Kurs rupiah berpeluang menguat terhadap dolar hari ini, karena pelaku pasar sedang optimis dengan aset-aset berisiko sebagai imbas pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang semakin baik. 

Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan sentimen pagi ini berpeluang mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini. "Indeks saham Asia terlihat bergerak naik dan nilai tukar regional menguat terhadap dollar AS di pagi ini. Sebelumnya, indeks saham AS dan Eropa ditutup menguat," kata Ariston dalam keterangan tertulis, pagi ini. 

Pelaku pasar kelihatannya sedang optimis dengan aset berisiko hari ini. Yield obligasi pemerintah AS yang sedang menurun juga memicu pelaku pasar untuk mengambil posisi di luar dolar AS.

"Pernyataan Powell soal ekonomi AS yang bertumbuh mungkin memicu pelaku pasar masuk ke aset berisiko," ujar Ariston. 

Di sisi lain, pelaku pasar masih mewaspadai pelambatan ekonomi yang sedang terjadi di China dan perubahan kebijakan suku bunga tinggi AS yang berkaitan erat dengan data ekonomi AS terbaru.

Tags : Rupiah , Dolar AS