Peluncuran Bursa CPO Diharapkan Dongkrak Harga Sawit

| Senin, 16/10/2023 07:55 WIB
Peluncuran Bursa CPO Diharapkan Dongkrak Harga Sawit Petani Sawit (Doc: Kabar BUMN)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah pada Jumat lalu resmi meluncurkan perdagangan pasar fisik minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) di Bursa Berjangka Indonesi.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berharap Bursa CPO Indonesia dapat mendorong pembentukan harga acuan CPO yang lebih kompetitif. 

“Prdagangan CPO di bursa diharapkan menjadi sarana bagi industri atau pabrik kelapa sawit atau kebun kelapa sawit untuk melakukan transaksi komoditasnya dengan harga kompetitif,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Senin 16 Oktober 2023.

Dia pun juga berharap Bursa CPO Indonesia dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam mendongkrak transaksi CPO. 

“Kuncinya adalah kolaborasi. Dengan kerja sama seluruh pemangku kepentingan, saya yakin target Perba ini akan terlaksana dengan baik, dan Bursa CPO Indonesia menjadi acuan harga di Indonesia. Terbentuknya Bursa CPO harus mendorong penguatan perdagangan CPO dan mendukung Indonesia menjadi market influencer di pasar global,” tutur Mendag

Mendag Zulkifli Hasan memperjelas, Pemerintah berkomitmen memperbaiki tata kelola perdagangan CPO Indonesia melalui diterbitkannya Peraturan Bappebti (Perba) No. 7 Tahun 2023 tentang Tata Cara Perdagangan CPO di Bursa Berjangka. Walaupun kebijakan ini bersifat sukarela (voluntary).

“Kebijakan perdagangan CPO harus cepat beradaptasi dengan pergerakan pasar yang dinamis. Kebijakan ini juga harus dipastikan mendukung Indonesia menjadi barometer harga CPO dunia. Kita harus mengoptimalkan nilai ekonomi dan perdagangan CPO bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tandas Mendag

 

Tags : Sawit , CPO

Berita Terkait