Indocement Segera Akuisisi Semen Grobogan dalam Waktu Dekat

| Senin, 23/10/2023 09:29 WIB
Indocement Segera Akuisisi Semen Grobogan dalam Waktu Dekat Industri Semen Indonesia (Foto: indopolitikacom)

RADARBANGSA.COM - Langkah PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) yang akan mengakuisisi 100% saham PT Semen Grobogan (SGB) menarik perhatian pasar. Semen Grobogan memiliki pabrik berkapasitas 2,5 mtpa di Grobogan, Jawa Tengah. Sedangkan kapasitas Indocement mencapai 31 mtpa.

Semen Grobogan merupakan entitas yang terkait dengan kelompok Gajah Tunggal. Pabriknya mulai beroperasi pada kuartal III-2021 dan cadangannya telah meningkat, diperkirakan bertahan selama 50 tahun.

Semen Grobogan memposisikan produknya pada kategori ekonomis, sekitar 10-15% di bawah merek di daerah tier 1. Sejauh ini, Semen Grobogan tidak menjadi bagian dari Asosiasi Semen Indonesia, sehingga tidak diikutsertakan dalam volume penjualan semen bulanan oleh asosiasi.

Indocement belum mengungkapkan harga akuisisi tersebut, namun nilainya tidak akan melebihi 20% ekuitas perseroan, sehingga tidak memerlukan persetujuan RUPSLB. Ini berarti akuisisi Semen Grobogan maksimal US$ 100 EV/ton. Harga pembelian belum termasuk utang, jika ada.

“Langkah ini diharapkan dapat menciptakan sinergi di Jawa Tengah bagi Indocement (INTP) tulis Mandiri Sekuritas dalam ulasannya.

 

Tags : intp , semen , semen grobogan

Berita Terkait