Transformasi Pertanian Modern Upaya Cetak Petani Milenial

| Kamis, 07/12/2023 06:15 WIB
Transformasi Pertanian Modern Upaya Cetak Petani Milenial Petani. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pertanian saat ini sedang bertransformasi dari sistem pertanian tradisional menuju modern. Hal itu untuk mencetak petani milenial dari generasi Z.

"Petani milenial akan turun mana kala menggunakan teknologi dari tradisional menjadi modern," kata Mentan dilansir dari antaranews, Kamis, 7 Desember 2023.

Amran menjelaskan bahwa transformasi sistem tradisional menuju modern tersebut justru akan menguntungkan petani karena sudah terbantu oleh sebagian mesin yang dinilai sangat efektif dan efisien di era saat ini.

"Bila sistem ini menguntungkan dengan menggunakan teknologi modern, petani milenial maupun generasi Z juga akan turun," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa Kementerian Pertanian saat ini terus mendorong transformasi pertanian menuju lebih modern dengan penggunaa mesin combine harvester dan rice transplanter. "Transformasi pertanian tradisional menuju modern bukan seperti tadi (manual memakai tangan), kita gunakan combine harvester dan rice transplanter," tukasnya.

Menurut Mentan, pertanian ke depan perlu untuk menggunakan teknologi digitalisasi dari mulai dari kegiatan menggarap hingga penjualan hasil produksi dengan tujuan untuk meningkatkan hasil panen. 

"Kita lakukan transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern, artinya nanti tenaga kerja sektor pertanian menurun, tetapi produksinya meningkat," tuturnya.

Oleh karena itu, Amran berharap kontribusi petani milenial ini bisa cepat hadir dalam mempercepat transformasi tersebut. "Tapi kalau sistem tradisional itu merugikan, apalagi produksi susah, para petani milenial tidak akan tertarik. Dan kalau petani diberi ruang untuk untung, pasti swasembada," tandasnya.

Tags : Menteri Pertanian RI , Transformasi , Petani Milenial

Berita Terkait