Pemerintah Targetkan 2024 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ciptakan 22,8 Juta Lapangan Kerja

| Rabu, 13/12/2023 06:15 WIB
Pemerintah Targetkan 2024 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ciptakan 22,8 Juta Lapangan Kerja Produk UMKM (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menargetkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di 2024 akan berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 4,5% dengan menciptakan 22,8 juta lapangan pekerjaan.

Hal itu disampaikan Menko Marves Ad Interim, Erick Thohir dalam sambutannya secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) Tahun 2023 yang berlangsung di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa, 12 Desember 2023.

"Tentu ini yang seharusnya kita bisa terus dorong bersama seperti yang dilakukan negara-negara seperti Saudi Arabia, Qatar ataupun UAE mereka negara yang kaya dengan minyak dan gas namun saat ini terus tengah mengembangkan ekosistem pariwisata secara masif karena terbukti dapat membawa dampak ekonomi yang sangat amat besar dan juga pembukaan lapangan pekerjaan," kata Erick, dikutip dari okezone.com, Rabu (13/12).

Erick mengatakan, pascapandemi COVID-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sedang berjuang dalam masa pemulihan. Bukan hanya Indonesia, hal ini juga dirasakan oleh negara lain di seluruh dunia.

"Sepanjang tahun 2022 sektor pariwisata berhasil menyumbang Rp705 triliun namun angka ini masih lebih kecil kalau kita dibandingkan daripada kontribusi sektor lain seperti pertambangan yang mencapai Rp2393 triliun," ungkapnya.

Bersama dengan Kemenparekraf, kata Erick, pihaknya berkomitmen untuk bersama-sama mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas dan beberapa wilayah lain dengan mendorong penguatan kinerja pariwisata 2024.

"Mencatumkan tiga target RPJMN 2024-2029. Peningkatan utilisasi 14 airport dari 27 airport sebagai hub internasional antara lain Sultan Iskandar Muda Aceh, Kuala Namu Medan, Padang, Batam, Jakarta, Kertajati, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Makassar, Manado dan Sentani Jayapura," terangnya.

Erick menyebut, sebagai tahun terakhir RPJMN tahun 2024, pihaknya juga mendorong komitmen pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan dengan melibatkan penerapan green economy, digitalisasi yang dilakukan oleh inovasi, adaptasi serta kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kita harus pastikan bahwa pengembangan sektor pariwisata yang masif ini tidak boleh merusak kelestarian lingkungan, kita harus jaga lingkungan hijau di area pengembangan pariwisata kita," tandasnya.

Tags : Kemenko Marves , Ekonomi Kreatif , Pariwisata , Lapangan Kerja

Berita Terkait